Cuaca Ngga Menentu, Yuk Jaga Kesehatan

by - September 08, 2017


Hai everyone, akhir-akhir ini cuaca ngga menentu ya. Siang kerasa panas, malam kerasa dingin. Beberapa tahun sebelumnya juga cuaca ngga menentu gini udah sering terjadi. Menurut BMKG ini dikarenakan dampak dari pola aliran udara.


Beberapa hari ini malahan di Kartasura lagi ada angin kenceng. Berhubung di rumah ada banyak ventilasi udara, dan ada yang agak lebar, jadi anginnya kerasa banget di dalem rumah. Saking kencengnya, tirai sampe kebawa terbang terus. Jemuran di depan rumah juga jatuh-jatuh mulu saking kencengnya angin.

Ngga cuma kenceng, anginnya juga udah berasa dingin pas siang. Buat yang ngga kuat dingin kaya saya, wah udah pasti menggigil kedinginan setiap saat. Jadi males keluar rumah deh kalo udah gini hehe


Tapi gaes, cuaca ngga menentu ternyata bisa mempengaruhi kesehatan kita lhoo. Kalau imun kita rendah, biasanya lebih mudah kena penyakit. Biasanya memang daya tahan tubuh kita berkurang kalau cuaca seperti ini, tapi kalo ditambah imun kita yang juga rendah, kita pasti lebih mudah kena penyakit.

Penyakit-penyakit yang sering muncul biasanya flu, batuk, kadang ada yang dibarengin sakit tenggorokan sama demam, kaya saya! Beberapa hari lalu padahal sehat-sehat aja, di rumah juga ngga ada yang lagi sakit. Eh tiba-tiba sering merasa kedinginan banget.

Kalau malem badan demam dan jadi menggigil banget jadi harus selimutan tebel semaleman. Panas sih, tapi daripada kedinginan. Tengah malam juga suka kebangun soalnya ngerasain kepala pening luar biasa. Sewaktu bangun pagi harinya, baru deh mulai merasa ada yang ngga enak di badan hihi. Hidungpun terasa panas-panas gatal. Sorenya beneran flu deh, ditambah demam yang belum turun, dan tiba-tiba aja tenggorokan terasa lebih sakit.

Duuuh, sakit merusak segalanya. Untungnya, saya sakit sewaktu posisi ada di rumah. Ngga kebayang gimana repotnya kalau pas sakit ternyata malah ada di kos. Meskipun sekedar sakit flu, tapi bisa menghambat aktifitas juga lhoo. Soalnya jadi suka menggigil, demam, pening, nafsu makan pun juga turun. Jadi susah kalo mau gimana-gimana. Kalau di rumah, makan dll masih bisa dibantu urus mamak hehehe.

Karena itu guys, kita kudu wajib selalu menjaga kesehatan kita, perbanyak minum air putih dan makan buah serta sayur ya. Kalo udah terlanjur sakit gimana? Ya mau gimana lagi, sementara istirahatkan dulu aja badannya.

Biasanya flu kita akan membaik dalam 1-2 hr meskipun tanpa obat. Jaga pola makan, dan tetap makan buah dan sayur. Kalau dalam beberapa hari belum membaik silakan minum obat.

Kalo saya, saya cuma minum obat antibiotik amoxicillin sama minum adem sari. Untuk demam dan pening memang saya ngga minum obat, soalnya sakitnya itu datang disaat tertentu aja. Jadi saya pikir baiknya saya sehatin badan aja, supaya demam dan peningnya juga hilang (antibiotiknya sebenernya cuma untuk tau aja, ini flu nya karena virus atau bakteri, klo sembuh berarti memang ini karena bakteri).

Kalau adem sari memang sengaja saya beli. Soalnya saya ngga tahan bangett sama sakit tenggorokan ini. Tiap nelen ludah, makan atau minum, tenggorokan terasa sakit.

Karena saya takut minum obat, makanya saya beli adem sari, yang bentuknya bubuk, jadi tinggal campur air dan langsung minum. Hmm enaaak. Adem sari ini bisa buat alternatif obat buat sakit tenggorokan guys (perhatian ini bukan sponsor ya). Enaknya karena dia bentuknya minuman. Rasanya juga enak. Jadi ngga perlu meringis kayak kalo minum obat tablet hehe.

Di tempat kalian gimana kondisi cuacanya? Kalau di Kartasura, udah beberapa minggu ini kalau siang berangin. Pernah kemarin pas siang berangin kenceng, pas malam juga cukup dingin. Tapi sekarang2 ini udah berkurang.

Tapi ternyata di Jogja ngga segitunya loh. Keadannya beda sedikit sama keadaan di Kartasura. Pernah sih di Jogja pas siang panas dan malem rasanya dinginn, tapi sekarang udah ngga terlalu lagi.

Intinya inget ya, jangan lupa selalu jaga kesehatan. Aktifitas kita menunggu. Jangan sampai terbengkalai karena kita ngga berusaha menjaga kesehatan kita. Selain itu, sehat itu mahal.

You May Also Like

0 comments

Halo everyone, saya akan kunjungi kembali nanti :)