DIY Dry Shampoo

by - November 14, 2017


Tau ga sih jadi kemaren itu saya halangan, nah halangannya tuh pas banget sama waktunya saya cuci rambut. Padahal kalo halangan tuh saya takut cuci rambut, kecuali mendesak, soalnya entah kenapa bikin kepala sakit. Kalo halangan gini kan ya berarti otomatis selama seminggu ga cuci rambut dong.

Kalo ga cuci rambut, nanti rambut jadi lepek, berminyak plus bau. Apalagi kita kan juga ada aktifitas diluar, rambut ketutup hijab, panas-panasan, jadi deh rambut makin ga karuan. Btw kenapa sih kita gasuka rambut lepek sama minyakan?

1. Diliatnya jelek
Iya kan? Rambut lepek sama menyakan itu ga enak diliat. Jangankan temen, kita sendiri aja klo ngeliat jadi pengen kaya narik rambut sendiri.
2. Bau
Bau rambut belom cuci rambut itu ga enak hmm, bau-bau buluk gitu deh. Baunya kerasa banget dan bikin ga nyaman.
3. Bisa bikin gatel sama ketombean
Nah, bisa bikin gatel dan keringetan juga. Belom lagi kalo malah jadi ketombean, rambut jadi makin gatel. Kulit kepala kita bisa luka kalo digaruk-garuk. Perih, seperih hatiku melihat dia di pelaminan #eaaa
4. Rambut gampang rontok kalo disisir
Nah ini biasanya klok udah minyakan, trus kita nyisir rambut, mau rambut kita lagi kusut atau engga ni rambut bakalan gampang rontok kalo udah ketemu sisir. Sayang dong rambutnya nanti makin tipis L tapi sayang aku ke kamu ga bakalan menipis kok:)

Gatel banget rasanya tuh kalo udah gini, ga tahan tapi ya kudu ditahan-tahan. Untunglah kemaren sempet dapet inspirasi tentang dry shampoo. Merk dry shampo yg terkenal itu batista, itu shampo semprot gitu. Tapi harganya lumayan mahal buat saya yang lagi banyakk banget kebutuhan, dan bingung juga nyarinya dimana.

Tapi karna saya tetep pengen dry shampo, saya jadi googling deh DIY Dry Shampoo dan ada beberapa resep yang saya temuin.  So here is my recipe. Sederhana banget, murah meriah pun.

Bahan.                                                  
Tepung Maizena (Jagung)
Bubuk kakao (coklat)

Cara Membuat.
1. Siapin mangkok sama sendok. Ambil 1 sdm tepung maizena, taruh di mangkok. Pertimbangan berapa banyaknya ini tergantung kebutuhan ya, kalo saya mau dipakai semingguan selama halangan, jadi saya ambil 1 sdm yang agak penuh.

 
2. Ambil setengah sendok makan bubuk kakao. Bubuk kakao ini gunanya sebagai pewarna sekaligus pewangi. Saya pakai setengahnya tapi ngga penuh, soalnya bubuk kakao saya warna coklatnya ngga hitam. Kan ada tuh yang coklatnya tuh agak hitam. Klo agak hitam ambil sedikit aja.

 
3. Aduk rata, kalo warnanya kurang coklat boleh ambil dikit lagi, trus ratain lagi.


4. Kalau dirasa udah pas, taruh di wadah. Bisa wadah bekas lulur, bekas bedak tabur, dll. Kalo saya wadah bekas night cream umi saya, ga terlalu besar.



 Cara Pakai.
Boleh pakai brush, atau boleh pakai tangan. Kalau pake brush, tinggal tap diatas tepungnya, trus langsung olesin ke rambut yang berminyak, kaya sisiran gitu. Tapi kalau pake brush itu sulit menjangkau semua bagian rambut.

Kalo mau menjangkau semuanya, boleh pakai tangan. Ambil seujung sendok dan taro diatas tangan, usap-usap dulu diatas tangan biar merata, baru langsung olesin di rambut. Hati-hati ya, jangan terlalu dekat sama kulit kepala takutnya ketombean.

Review.
Untuk kondisi darurat gini, saya suka DIY Dry Shampoo ini, karna tepung maizena itu bisa menyerap minyak seketika. Banyak loh yang make tepung maizena buat bedak, karna emang dia bagus buat minyak. Bahkan ka Lintang itu emang udah tiap hari bedakannya pake maizena.

Saya udah pakai seminggu ini biar tau hasilnya. Pas kondisi minyakan banget saya langsung olesin rambut saya pake dry shampo ini, minyaknya langsung berkurang. Rambutku juga wanginya jadi manis coklat, dan bau lepek rambut tersamarkan meskipun nggak 100% hilang. Rambutku jadi kayak biasa lagi sebiasa saya melihat mantan (padahal ga punya loh)

Warna tepung ini kan coklat karna campuran bubuk kakao tadi, nah itu jadi bikin rambut saya nggak keliatan bertepung. Nggak keliatan coklat juga. Kalo warnanya putih doang, takutnya nanti keliatan putih, ntar dikira tua, padahal masih cantik kayak bidadari gini.

Trus pas sisiran rambut rontoknya berkurang banget nget nget di saya dan jadi lebih halus juga. Untuk ketombe saya ngga tau persis sih, soalnya emang rambut saya lagi ketombean, saya juga makenya ga terlalu kena kulit rambut. Tapi so far, ini bagus bangettt, pasti bakalan saya bikin lagi bulan depan.

DIY Dry Shampoo ini bisa banget buat dijadiin alternatif dry shampoo lain. Murah, hemat, wangi, jadi halus, dan segala manfaat lain yang bisa didapet. 


You May Also Like

2 comments

  1. Btw itu bukan sampo mbak tapi tips mengurangi rambut berminyak Karena tidak sempat cuci rambut....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya iya bisa jugaa mbak haha

      Delete

Halo everyone, saya akan kunjungi kembali nanti :)