Tuesday, December 5, 2017

Tips Menulis Online Agar Menarik Perhatian Pembaca

"Menulis itu menyenangkan jika kita melakukannya dengan hati."

Assalamu’alaikum.

Nah guyss, jadi kemarin BaBe bikin acara gathering bersama penulis dan blogger Yogyakarta di Antologi Collective Space. Sebenernya ada 4 sesi dari sharing session ini, dan aku ikut yang sesi pertama yaitu hari Senin, 4 Desember 2017 pukul 15.30 - 18.00 WIB

Acara ini dipimpin sama, emm aku lupa belom tanya mbaknya jadi panggil inisial aja, salah satu kontributor BaBe yaitu Mbak B. Mbak B ini orangnya asik banget, dan ramah juga, senyumnya ga lepas-lepas dari wajahnya. Cara beliau menyampaikan materi juga enak, bikin semua peserta jadi nyaman juga.





Nah di gathering ini, mbak B share beberapa tips nulis online. Beda kah sama nulis secara general? BEDA. Yang bikin beda adalah karna kita nulis secara online, dan dibaca sama orang secara online. Pembaca online cenderung suka artikel yang ringan dibaca dan nggak banyak paragraf. Lebih jelasnya yuk intip dibawah ini.


1. Prinsip Dasar Jurnalistik Online
Menurut Paul Bradshaw, ada beberapa prinsip dasar jurnalistik online yaitu brevity, adaptibilily, scannability, dan interactivity. Brevity berarti artikel itu singkat dan padat, usahakan maksimal 6 paragraf panjangnya. Scannability berarti artikel mudah dipahami, dan bisa dibaca dengan cepat. Interactivity berarti interaktif terhadap pembaca, seolah-olah mengajak pembaca berdiskusi. Dan terakhir adaptibility yaitu artikel itu kekinian, bisa dengan menambahkan foto atau video.

2. Membuat Judul yang Seksi
Judul yang seksi berarti judul yang ketika dibaca bikin orang pengen nge-klik, gitu istilahnya. Contohnya nih, "Teriaki pelakor, jennifer dunn dilabrak anak faisal haris".
Uh gils, pasti langsung pada kepo.
Membuat judul bisa juga dengan ditulis secara spesifik. Misalnya topik umumnya adalah "Membuat baju sendiri", nah untuk judul spesifik bisa seperti ini "Membuat kemeja sendiri di Rumah dengan alat dan bahan mudah", yakin deh pembaca mau baca. Kenapa, karna dijudul itu udah jelas kalau cara membuat kemeja nya itu mudah.
INGAT, JANGAN BIKIN JUDUL YANG BOHONG.

3. Menambahkan foto berkualitas
Biasanya penggunaan foto itu menarik minat pembaca. Pembaca cenderung terhibur ketika melihat gambar. Nah kalau mau mencari gambar, cari dari sumber terpercaya. Para blogger mungkin udah banyak yang tau dimana cari gambar gratis dan berkualitas tanpa takut dituntut.
Ada beberapa situs yang bisa dimanfaatin buat cari gambar itu yaitu pixabay, pexels, unsplash dan kaboompics. Gambar-gambar yang ada disana free dan udah berlisensi.

4. Menulis Artikel dengan Tema Sesuai Passion
Menulis yang mudah adalah ketika menulis apa yang kita suka atau kita inginkan. Ketika suka, tulisan bisa ngalir apa adanya. Karena itu, menulislah karna kamu suka. Jadi nggak ada keterpaksaan ketika mau nulis ini atau itu. Gimana kalau lagi nggak mood? Ga apa-apa sih, tapi ngatasinnya coba inget lagi alasan kenapa suka nulis. Semakin kuat alasan, semakin kamu akan semangat nulis lagi.
Kalau buat aku, nulis itu seperti mengungkapkan apa yang sulit diungkap. Kadang aku nulis random diary, kadang aku juga share cara bikin ini atau itu, atau kadang juga bagi-bagi ilmu. Semua yang aku tulis itu aku tulis karna aku gatau gimana mau sharing ke orang lain.


Nah itu tadi 4 tips menulis online yang dijabarin sama BaBe. Menurutku, tipsnya ngena banget buat narik pembaca. Aku sebagai pembaca pun membenarkan tips-tips itu karna aku suka artikel sesuai kriteria atau tips yang disebutin pihak BaBe.

Anyway thank you so much kepada babe yang udah ngadain sharing session di Jogja. Kita dapet ilmu baru yang bermanfaat, dan kita dapet goodie bag yuhuuuu. Eh kita juga dapet snack, minum sama makan juga lhoo meskipun sesi nya cuma sebentar. Aah makasih banget.




Makasih juga udah mampir di postingan menulis bareng Babe ini, semoga kalian dapet ilmu baru juga. Yuk mulai nulis apa yang kita sukai. Have a nice day.

12 comments

  1. Senengnya ada gathering trus sharing ilmu teknik penulisan, memang itu basic banget dan penting banget diperhatikan saat menulis, tp pas nulis sesuatu yang bukan passion kita disitulah stuck mulai melanda :D salam kenal mba

    ReplyDelete
  2. Halo salam kenal juga mbak ๐Ÿ˜†
    Iya, ini gathering beneran kesempatan banget buat nambah ilmu hihi
    Aku juga jadi nambah paham nih tentang tulis menulis
    Makasih udah mampir ya mbak ๐Ÿ˜…

    ReplyDelete
  3. Asik ya mbak ada acara gathering gini. Makasih sharingnya, tipsnya sangat bermanfaat :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah alhmadulillah kalau bermanfaat mbak ๐Ÿ˜†
      Jadi ikut seneng juga nih ๐Ÿ˜…

      Delete
  4. Waa... ikut sharing-nya BaBe juga yaa... Aku ikut di Rabu jam 12
    Dan rajin bingiit dibikin rangkuman ginii... ๐Ÿ–’

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah Jogja dong mbak berarti ๐Ÿ˜†
      Hehehe kan emang suka nulis, jadinya materinya dicatet deh, sekalian ngeshare ini buat yang lain juga

      Delete
  5. Acaranya seru dan banyak ilmunya ya mbak, sayangnya kmaren pas di Solo aku gak bisa ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya mbak seru banget, yang bikin seru itu juga pematerinya, asik bangett

      Delete
  6. Replies
    1. Iyaa :) seneng kalau bermanfaat hehe

      Delete

© ayaocha.com
Maira Gall