Friday, January 26, 2018

DIY Masker Oatmeal


Been a loong time since my last post about DIY. Kali ini saya mau bikin masker favorit akhir-akhir ini, yaitu masker oatmeal. Pas banget juga kan udah weekend aja.

Saya sebenernya udah lama mau coba, soalnya liat orang lain kok kayanya bagus. Apalagi, ini oatmeal bisa dipakai lama diluar kulkas hehehe.

Oatmeal ini bagus loh. Cocok buat semua jenis kulit, bahkan buat kulit yang lagi berjerawat. Manfaatnya banyak banget, membersihkan pori pori dan kulit, bisa untuk moisturizing, bisa dipakai sebagai exfoliator alami, mengatasi kulit kering dan sensitif, waah pokoknya banyak deh.


DIY masker oatmeal ini gampang banget bikinnya. Murah juga. Hehehehe.

Cara membuat
1. Siapin oatmealnya. Saya pakai oatmeal instant dari Quaker Oats yang warna merah. Ukuran 200gr harganya sekitar 8k. Oh ya, kata ka lintang, untuk yang punya alergi gluten, sebaiknya pakai oatmeal yang ada tulisan "gluten free" supaya ngga bikin breakout.



2. Ambil 2 sdt oatmeal. Wajah saya kecil, jadi 2 sdt cukup. Kamu sesuaikan aja dengan ukuran wajah hehe.


3. Tambahin 1 sdt madu, lalu campur di oatmeal. Di tahap ini, adonannya belum jadi ya.



4. Tambahin air secukupnya. Saya biasanya sekitar 3 atau 4 sdt udah bisa bikin adonannya. Kalau dirasa masih agak kental, tambahin air lagi sedikit.

Hati-hati lengket maskernya


Penggunaan
Adonannya lumayan lengket, jadi hati-hati ya waktu olesin di wajah. Oh ya, jangan terlalu lama maskerannya. Cukup 10-15 menit aja. Adonan ini cukup nempel di wajah. Jadi kalau lama-lama nanti susah cuci wajahnya.
Oh ya, bubur masker ini lembut, jadi jangan khawatir kalau mau pakai oatmeal buat exfoliating.

Saran penggunaan
Resep diatas simpel banget, dan masih bisa dimodif lagi loh. Kalian bisa campur susu, atau yougurt. Atau bisa juga masker oatmealnya difermentasi. Sesuai kesukaan kalian dan kebutuhan jenis kulit aja. Saya bahkan nambahin tepung maizena buat ngontrol minyak di wajah saya. Bagus? Iya lumayan. Tapi tetep perlu penggunaan rutin supaya hasilnya bisa terlihat maksimal.

Review
Saya pakai ini hampir setiap hari loh. Biasanya saya maskeran pakai DIY masker beras, sama DIY masker kopi, tapi karna lagi suka jadi sekalian deh dicoba setiap hari. Biar tau hasilnya kaya apa.
Setelah seminggu pakai ini, hmm apa ya, ya gitu. Biasa aja menurut saya. Maksudnya, bersih sih. Ya namanya bahan alami sih ya, jadi belum keliatan hasilnya dalam seminggu. Tapi yang saya suka adalah, oatmeal ini punya senyawa kimia saponin sebagai cleansing agent. Jadi setelah maskeran ini, ngga cuci muka pakai face wash ngga apa-apa.

Biarpun begitu, saya mungkin bakalan terus pakai DIY masker oatmeal ini. Karna tahan lama di luar kulkas, dan pas sama kantong kering saya kandungan saponinnya cocok untuk kulit saya yang suka sensitif sama kotoran dari udara dll.

UPDATE
Pagi ini 27 Januari saya maskeran lagi pakai masker oatmeal ini, dan saya tambahin 1 sdt maizena. Kerennya, pagi ini justru wajah saya keliatan cerah haha. Dan cukup melembabkan kulit meskipun masih ada terasa minyak dikittt banget di wajah. Saya kayaknya kurang sabar, lha ini ternyata hari ini saya nyoba justru keliatan bersih dan cerahnya. Serius deh, bersih, ngga kusam, minyak ngga ada, cerah, dan lembab. Love sekali.

Anyway, thank you udah mampir di postingan ini. Semoga bermanfaat ya and have a nice dayy.

10 comments

  1. Nice tips, aku gak pernah kepikiran mau buat DIY mask takut ribet hehehehe...entar boleh juga deh dicobain.

    coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Sebenernya ngga terlalu ribet sih mbak haha justru rasanya seru dan hmm apa ya bikin tenang aja karna yang dipakai bahan alami

    ReplyDelete
  3. aku pernah bikin pake outmeal sekali doang tapi XD
    lumayan sih hasilnya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh loh mba lanjutin pake masker ini, enak dan baguuus, ga kasar trus ga perlu face wash lagi kalo abis pake ini

      Delete
  4. Aku pernah bikin tapi kayanya aku ga sabar. Belum jadi kental bubur gt (masih agak keras) langsung kupake. Jadi jatuh-jatuh trus gak rata. Belum coba lagI.


    Konon ini bisa meratakan warna kulit wajah. Trus juga memudarkan bekas jerawat. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ayoook coba lagi mbak hihi, saya tadi pagi maskeran lagi dan malah keliatan cerah wajahnya

      Untuk meratakan sama memudarkan bekas jerawat sih belum keliatan sama sekali selama semingguan ini, tapi karna pagi ini saya udah dapet cerahnya jadi boleh nih dirutinin lagi pake masker oatmealnya

      Delete
  5. Udah lama pengen nyobain tapi belum sempat juga dilakuin. Anyway, makasih ya postingannya. Jadi punya bayangan buat ngemix masker oatmeal pake maizena. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, the right time to try nih haha
      Cucok lah masker oatmealnya,dan yes sama-sama ya.

      Delete
  6. waah DIY masker oatmeal ya... Sering banget denger ini bagus.. penasaran pengen coba juga.. Tapi suka males nih bikin nya hahaha

    www.luella.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beneran bagus kok. Ini ga ribet loh, malah asik bikinnya dan bisa jadi me time hihi

      Delete

© ayaocha.com
Maira Gall