Cara Rebranding Blog

by - February 05, 2018


"Be pretty. Be Yourself."

Setelah beberapa bulan belajar dan banyak cari pengalaman, akhirnya saya mutusin buat rebranding blog saya ini. Ternyata, dari awal saya udah salah langkah pas bikin brand blog ini. Lagian, saya juga keinget salah satu resolusi saya yaitu being a more serious blogger, dan salah satu caranya ya dengan rebranding blog ini. 


Rebranding blog, sederhananya adalah penyesuaian kembali blog untuk menghadirkan brand baru. Banyak hal yang bisa di rebranding di blog ini lho. Salah satunya yang paling penting adalah domain. Kemarin domain saya susah banget buat diinget jadi saya order domain baru.

Tujuan saya rebranding adalah saya ingin pembaca dengan mudah mengingat blog saya. Untuk bikin orang inget dengan blog saya, saya jadi harus berbenah banyak hal. Saya juga ingin serius di dunia blogger, jadi saya berusaha mempersiapkan blog saya supaya layak.

Apa sih yang harus saya rapihin? Banyak. Saya punya beberapa list kaya domain, tema, niche, gaya tulis dan ciri khas, dan konten. Saya juga dapet inspirasi dari blognya mbak esterariesta, misalnya kaya font dan warna tulisan, target pembaca, dll. Btw, poin-poin dibawah bisa dijadiin referensi untuk kalian yang juga punya rencana rebranding blog loh.


Domain
Menurut saya, domain ini adalah jantungnya blog. Meskipun pepatah bilang content is the king, tapi yang bakal diinget pertama kali dari sebuah blog kan domainnya. Domain ini yang bakal jadi wajah utama blog. Kemarin domain saya randomkhns.com susah buat diinget, jadi saya order domain baru yaitu domain ayaocha.com ini. Domain baru ini lebih gampang diinget kan?

Tema
Dulu saya pakai tema sugar and spicy dari btemplate, tempat template blogger gratis. Sebenernya temanya lumayan, tapi menurut saya kurang mendukung rencana rebranding blog saya ini, makanya saya ganti tema yang lebih simple tapi sedikit manis.

Tema ini ibaratkan visualnya blog. Pembaca pasti merhatiin apa visual blog ini bikin nyaman, atau bikin risih. Ada blog yang temanya lumayan simple, meskipun gaya penulisannya biasanya disertai stiker lucu, ngga membuat blog itu terkesan alay dan pembaca justru suka. Intinya, tema yang kita pilih juga jadi penentu apakah pembaca betah di blog kita atau enggak. Mau simple oke, mau yang agak rame pun ga masalah.

Niche (Category)
Dulu, niche saya adalah....gado-gado. Ada beberapa hal yang saya share di blog ini, tapi semua selalu berdasarkan pengalaman saya. Dulu saya punya 'random diary', 'ngobrol asik', 'daily life', dan lain-lain. Tapi makin hari, kok ya yang saya tulis justru makin masuk ke kategori 'life and daily life' gitu lho. Saya merasa, ngga ada produk yang saya tulis dan seolah-olah saya ngga memberikan manfaat apapun ke pembaca.

Makanya kali ini, meskipun niche saya tetap gado-gado, saya sekarang cuma buat beberapa kategori aja kaya 'Beauty and Hair', 'Life and Daily Life', 'Blogging', 'Internet and Social Media', 'Tought', 'LearnEnglish' (nama kategori masih belum fix), dan 'Inspirasi'. 'Tought', 'LearnEnglish' dan 'Inspirasi' adalah kategory baru, dan saya belum publish apapun di kategori itu. Tapi saya udah punya plan dan sedikit draftnya kok.

Niche gado-gado itu gapapa loh, asalkan kita konsisten sama kategori yang udah kita buat. Yang paling penting kan, konten yang kita buat. Kalau tulisan kita bermanfaat, pembaca pasti merasa seneng juga. Lagian, yang gado-gado gitu biasanya disebut lifestyle blog, keren kan?

Gaya tulis
Gaya penulisan juga jadi salah satu penentu yang bikin pembaca betah di blog kita atau engga. Its up to you mau nulis dengan gaya aku atau saya. Senyaman kalian aja. Saya dulu nulis pakai aku-kamu, karna saya nyaman nulisnya. Tapi pas saya baca tulisan saya sendiri, kok kaya alay gitu ya haha. Makanya sekarang saya ganti gaya penulisan saya.

Dulu gaya nulis saya sempet kaya gini, full color, pas saya baca sendiri ternyata saya merasa alay haha

Selain aku-saya tadi, its up to you juga mau nulis dengan jenis tulisan formal, semi formal atau dengan gaya santai. Yang penting, konsisten ya.

Konten
Setelah ribet sana-sini sama design dan gaya tulis, jangan lupa juga kalau konten harus diperbaiki. Tulis konten yang sesuai niche atau kategori di blog kalian ya. Lagian, konten ini adalah identitas kita. Apa yang kita tulis menunjukkan diri kita, ya kan?

Konten yang saya buat mah, mana ada yang berkualitas. Tapi saya sekarang lagi belajar buat bikin konten yang baik. Saya perbanyak baca, juga perbanyak nulis supaya hasil belajar saya ngga sia-sia.

Untuk bikin konten yang baik, saya juga perbanyak blogwalking, saya belajar dari para blogger apa-apa aja yang dibahas. Misalnya nih, buat bikin review satu produk, nah itu kan kita ngga mungkin langsung bikin reviewnya langsung. Ada beberapa hal yang bisa ditulis dan dikasih penjelasan misalnya packaging, ingredients, claim, first impression, review, rating, harga. direkomendasikan atau engga, dll. Saya dulu ngga kaya gitu nulisnya, tapi berkat banyak blogwalking, saya jadi paham apa yang sebaiknya saya tulis.

Bikin konten berkualitas bisa juga dengan nambahin foto. Bukan sembarang foto, karna fotonya harus cantik dan rapi supaya pembaca makin tertarik.


Sejauh ini, menurut saya poin-poin diatas yang bisa diperbaharui dalam rangka rebranding blog. Poin lain kayak target, font, dan lain-lain bisa jadi pertimbangan, tapi so far saya belum bisa memprioritaskan itu. Yang saya prioritaskan dalam rangka rebranding blog ya lima poin diatas ini, terutama domain dan konten. Setelah lima poin ini agak beres, baru saya urus masalah font dan ukurannya.

Gimana menurut kalian? Ada ga poin lain yang bisa diperbaiki terkait rebranding blog ini? Rebranding itu sebenernya makan waktu lama, tapi demi blog kesayangan mah apa yang engga ya.

You May Also Like

22 comments

  1. Haiii Ocha, semangat yah rebranding nya. The way I see it, menyadari apa-apa aja yang perlu diimprove dan kamu sadar kalau ini butuh proses dan konsistensi itu udah first step yang oks banget loh. Banyak yang kepengin rebranding blog, tapi nggak jadi-jadi karena semacam enggan mulai dari awal. So, kudos for the spirit. Semangat yaaa Ocha ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaah makasih banyak mbak gesi 😆😆😆
      Seneng banget support dari mbak gesi hehehe

      Delete
  2. aku juga nih akhir-akhir ini mulai menyortir apa aja yang mau ditulis di blogku. tapi belum tahu bakal mau di-branding gimana blognya. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku, banyak2 blogwalking aja supaya dapet inspirasi mau dibranding kayak apa
      Sayangnya, aku baru mulai, jadi belum bisa bantu banyak hehe

      Delete
  3. Saya juga pernah rebranding blog. Asliii memang bikin capek :D. Sekarang pun belum 100% kelar mindahin ke new category.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah bener capek yaa, harus kuat sama konsisten ni berarti biar rebrandingnya lancar

      Delete
  4. salam kenal ya! aku juga lagi rebranding blogku. dulu sih isinya cuma curhatan alay gak jelas gitu tapi sekarang udah bikin tentang review produk, literasi (buku dll), series (cerita bersambung), sama random talks. tapi, sekarang malah pingin ganti lagi ke niche jadi book blogger. malah dilema nih soalnya udah terlanjur posting tentang review produk kecantikan. mending niche atau gado-gado ya? btw, aku udah follow blogmu nih if you don't mind follow back? :) derastories.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga deraa :) semangat pokoknya rebrandingnya, saran saya sih sesuaiin sama interest kamu aja, kalaupun mau jadi book blogger tapi tetep mau post review ga apa-apa loh, atau bisa juga jadi book and beauty blogger gitu.
      And thank you, ofc I will follow you back :)

      Delete
  5. Halo halo, setuju banget sama tulisannya, aku juga blog gado2, tapi segado gadonya blogku tema tulisannya tetap terarah dan fokus ke dunia perempuan. Salam kenal btw :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa banyak kok blog gado2 tapi tetep bisa terarah. Tos dulu dong kita.
      Salam kenal juga btw

      Halo salam kenal juga.

      Delete
  6. Hallo salam kenal cha,
    Aku juga lagi belajar rebranding blogku, tp kok susah ya, tetep aja cuka random talk ga jelas hehehhe

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  7. Banyak ide pasti di kepala, jadi pengen banget ditulis semua 😂
    Sama, saya juga dulu gitu, tapi karna emang niatin rebranding blog jadi saya berusaha konsisten. Semangat yaa, dan salam kenal juga 😄

    ReplyDelete
  8. sama nih mau mulai rebranding blog, mau mulai menulis tema yang aku suka aja, yang penting isinya bisa bermanfaat buat yang baca ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yash ayuuk semangat mbak 💪 yang penting bermanfaat

      Delete
  9. Salam kenal Ochaaa! Aku juga pengen banget rebranding blogku. Pengen banget ganti domain tapi takut pengunjung berkurang drastis. Resikonya emang banyak banget dan sedihnya baru kepikiran sekarang. But, well, kalau mau serius kapan lagi ya kan? Good luck for us!

    xoxo,
    honeyvha.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba hanifaa 😄
      Iya mba, rebranding itu juga jadi kaya mulai dari awal, dan waktunya juga ngga sebentar. Saya juga sampe sekarang beres-beresnya belom selesei mbak. Pokoknya keep going and gud luck aja buat kita 😆

      Delete
  10. Semangat rebrandingnya mba, blog yang sekarang sudah bagus. Fontnya juga nyaman dibaca dan nggak terlalu rame. Saya juga semenjak mei 2017 rebranding blog, berdatangan sponsored post. Memang hobi kalau diseriusin bisa menghasilkan juga. Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mbak :)
      Thank you so much atas supportnya, saya jadi makin semangat hehehe

      Delete
  11. Semangat ya mbak rebranding blognya .
    Dari yang saya baca, ada beberapa poin yang harus saya terapkan juga 😊

    Salam kenal
    Diah
    www.diahestika.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyapp thank you mba diah, salam kenal jugaa
      Semangatt juga yaaa

      Delete
  12. Aku juga lagi pengen rebanding blog mbk. Aku juga pernah nulis postingan blog warna-warna gitu. Ahaah pernah alay. Makasih mbka sharingnya. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sama ternyata, semangat ya rebrandingnya, bakalan capek sih, tapi pasti bisa kok. Salam kenal juga yaaa

      Delete

Halo everyone, saya akan kunjungi kembali nanti :)