Saturday, February 10, 2018

Ketika Kita Diremehkan...




Pernah ga sih punya pengalaman diremehin orang? Termasuk orang dekat kita atau di sekitar kita? Saya kecewa, ada beberapa kawan saya yang meremehkan saya. Ada tipe teman yang emang sukanya ngeremehin, tapi ada yang ngga bermaksud tapi bahasanya menjurus ke ngeremehin. Bikin gemash.


Ya gimana sih? Waktu kita merjuangin sesuatu, ataupun sekedar ngelakuin sesuatu yang kita suka, trus orang yang ngeliat itu justru ngeremehin kita. Bikin bad mood, kesel, jadi pengen makan es krim orang. Padahal, mereka gatau aja perjuangan kita atau kenapa kita ngelakuin ini itu.


Btw, Orang-orang bisa aja ngeremehin kita dari segala hal tentang kita misalnya perjuangan kita, sesuatu yang kita lakuin, ketidaktauan kita, kesukaan kita, keenggaksukaan kita, dan lain-lain. Serius, apapun itu bisa. Okelah, kalau bahasanya masih biasa, tapi kalau udah dilakuin lebih dari sekali, ya apa kita ngga sakit.

Saya punya pengalaman diremehin sama orang. Mungkin bukan maksud dia ngeremehin, tapi yang mereka ucapin itu udah masuk ranah meremehkan.

Contohnya nih, saya kemarin lagi merjuangin sesuatu, dan tau apa respon temen saya?
"Yaelah gitu doang"

Oh my. 'Doang' katanya. Ini perjuangan saya lho. Oke mungkin ini buat orang lain ngga seberapa, tapi ya ga perlu gitu kan. Lagian, perjuangan orang kan beda-beda. Omagash sorry kok jadi kaya curcol gini haha.

Orang yang meremehkan kita itu emang bikin kesel, tapi disisi lain mereka juga bisa jadi batu lompatan buat pribadi kita jadi lebih baik. Here what you can do if someone's underestimate you.

1. Keep calm.
The first step is calm down. Memang yang ngeremehin kita itu bikin kesel lah bad mood lah, tapi nunjukin kemarahan kita juga ga ada untungnya buat kita. Justru kita sendiri yang rugi.

2. Say thank you.
Step yang kedua setelah kepala kita lebih dingin, yaitu say thank you. Iyap, percaya ngga percaya dengan mereka yang ngeremehin kita justru kita bisa jauh lebih sabar lagi. Sabar itu bukan perkara mudah lho, apalagi kalau pas dibikin kesel.

3. Tertawakan.
Step ketiga adalah, tertawa. Tertawakan aja itu ucapan mereka yang meremehkan kita. Well, mereka ngga tau apa-apa tentang perjuangan kita, kebahagiaan kita, dll, jadi dari pada marah-marah, udah sih ketawa aja biar bahagia.

4. Maafkan.
Step selanjutnya adalah maafkan. Iya, maafkan orang yang meremehkan kita. Tunjukin bahwa kita dan mereka beda, yaitu dengan memaafkan mereka yang udah menyakiti kita. Ngga ada yang salah dengan memaafkan kesalahan orang lain kok. Memaafkan orang lain itu juga bisa menjadi quality nya kita.

5. Jadikan penyemangat.
Step terakhir adalah, jadikan remehan orang lain buat kebaikan diri kita sendiri. Tunjukin perubahan kita, peningkatan kita, dan kehebatan kita.

Kalau ada yang bilang 'ih baper' pengen tak potel-potel itu orang. Ya jelaslah baper, dia ngusik kita, ngeremehin kita. Dia ga tau apa-apa atau mungkin sok tau makanya asal bilang baper.

'Ih kan cuma bercanda'
Bercanda ada batasnya, ada waktunya. Kalau bercanda pun ada aturannya.

Ga ada yang tau, kenapa kita menyukai sesuatu atau memperjuangkan sesuatu. Cuma kita.

Oh ya, saya baca dari Hipwee ada 7 hal yang bisa kita dapetin ketika kita diremehin dan bisa buat kita jadi lebih kuat.  Saya setuju sih sama semua pernyataaan mereka.


1. Diremehin orang lain emang jelas ngga enak. Tapi dari situlah kita sadar bahwa ngga semua sesuai sama kehendak kita. Namanya juga kehidupan.

2. Ucapan meremehkan dari orang lain ngga berarti bikin kita berhenti. Justru bisa kita jadiin penyemangat buat semakin memperbaiki diri. Tinggalin aja mereka yang bisanya cuma ngeremehin orang lain.

3.  Diremehin jelas juga bikin sakit hati. Tapi dari sakit hati itulah kita bisa mencoba buat terbiasa memahami rasa sakit, tanpa bantuan orang lain.

4. Seringnya kita diremehkan orang lain, bisa buat kita semakin mencintai apapun yang kita miliki lho. Apapun itu, sesederhanapun itu, kita bakalan belajar menghargai apapun yan kita punya ataupun orang lain punya. Ngga kaya mereka yang bisanya cuma ngeremehin orang lain.

5. Diremehin orang lain juga bisa bikin kita jadi lebih sabar juga. Lumayan, kita belajar sabar gratis dari orang lain. Karna, sabar itu ngga dimiliki semua orang dan mahal harganya.

6. Kita juga bisa jadi semakin tahan banting karna diremehkan orang lain. Kita sabar, dan kita punya mental lebih kuat ketika menghadapi permasalahan lain, ya karna kita udah sering dihantam ucapan meremehkan dari mereka.

7. Kalau kita lagi memperjuangkan sesuatu, kita bakalan sadar kalau perjuangan yang kita lakuin itu bener-bener dari usaha dan doa kita, plus kesabaran kita. Bukan Cuma dari omongan orang lain.

So, kita-kita yang pernah diremehin, jangan lagi kesel atau minder, karna justru dari perlakuan mereka, kita justru bisa jadi lebih baik lagi.

Jangan lupa, be careful ya buat teman-teman ketika mengucapkan sesuatu. Ucapan itu bisa jadi menyakiti orang lain, meskipun kamu ngga bermaksud sama sekali.

9 comments

  1. Ketika diremehkan dengan orang lain, cuma satu yang bisa membalasnya, dengan membuktikan!

    ReplyDelete
  2. Pernah bangetttt..
    Tapi karena aku orangnya lebih ke introvert jadi paling mendendam aja.
    eh mendendam dalam arti yg postif yaa, jadi termotivasi untuk nunjukinn kalo dia salah udah remehin aku. hehe.
    salam kenal yaa mbak

    dini//sejenakberceloteh.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngeselin kan yaa,
      Jadi pengen ketawa sinis sambil bilang "Belom tau dia siapa saya"
      Hati-hati jangan terlalu dipendam, dan salam kenal juga mbak dini hehe :)

      Delete
  3. Klo aku konsepnya, senjata yang paling ampuh ketika diremehkan orang lain yaitu dengan Pembuktian mbk. hihi

    Meski terkadang kesel juga sambil ngedumel. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembuktian itu ampuh banget yaa, sayangnya biasanya butuh waktu. Jadi, pertama2 sih ketawain dulu aja haha

      Delete
  4. Ketika kita diremehkan oleh orang lain. Ketika itu juga kita serasa dipecut bahwa kita harus membuktikan. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus lebih semangatt dong yaay 💪

      Delete
  5. Aku mah sering diremehin, sedih kesel, yaudah thankyuuu udah jadi penyemangat dan ngajarin sabar, udah gt barulah maafin diaaa

    ReplyDelete

© ayaocha.com
Maira Gall