Mengatasi Bosan atau Lelah Ketika Ngeblog

by - February 26, 2018


Udah lama saya ngga nulis di blog ini. Bukan apa, tapi udah seminggu lebih ini saya jadi orang sok sibuk. Saya ngurusin revisi dan segala tetek bengek persyaratan administrasi yudisium. Buat saya, ngurusin gini nngga seribet pikiran orang lain, tapi tetep aja badan yang ngerasain capek. Nah gara-gara capek itulah saya jadi males nulis. Saya cuma nyempet-nyempetin nulis ide aja, soalnya udah enek sama 'tulisan-tulisan' skripsi saya duluan.
 

Saya ngerasa nulis ini passion saya. Suka banget lah nulis. Meskipun seminggu capek, saya ngerasa bersalah plus bimbang soalnya saya belum nulis apapun lagi. Ceilah. Makanya tadi, saya cuma nyempet-nyempetin nulis ide blogpost sama bikin draft singkatnya. Supaya setelah semua urusan ini kelar, saya bisa langsung nulis.

Itu sih yang saya pikirin sama rencanain. Nyatanya, setelah agak selo, badan saya masih kerasa capek. Pikiran saya sih enteng-enteng aja, malah banyak ide, tapi ya itu, badan capek, jadi males ngetik. Mager banget pokoknya.


Kenapa Bisa Bosan atau Lelah Ketika Ngeblog?
1. Pengaruh Kesibukan Lain
Kesibukan kita bukan cuma nulis aja kan. Kita punya kehidupan lain, ya contohnya saya ini yang ‘sekedar’ mahasiswa. Mahasiswa itu sibuknya belum ngalahin sibuknya pekerja (dunia kerja). Kadang, mahasiswa itu juga dibilang belum punya ‘hidup’. Ya soalnya kehidupan setelah wisuda yang bener-bener masuk kedidupan nyata. Tapi, urusan mahasiswa itu juga bisa bikin capek, entah yang organisasi rapat sana-rapat sini atau mahasiswa semester akhir kaya saya yang ribet urus yudisium.

2. Jenuh Dari Passion itu sendiri
Ngga bisa dipungkiri, sesuatu yang kita suka juga bisa bikin bosen dan jenuh. Biasanya ini karna kita terlalu fokus sama apa yang kita suka aja. Rutinitas yang itu-itu aja, emang bisa bikin bosan juga kan. Termasuk, rutinitas kesukaan kita. 

3. Kejadian Nggak Terduga di Dunia Nyata
Sesuatu yang ngga kita sangka bisa aja terjadi lho, yang bisa bikin kita 'berhenti' nulis, musibah misalnya. Musibah kan kapan dan siapa kita gatau. Kalau tiba-tiba kita dapet musibah, otomatis kita lebih fokus buat ngurusin musibah yang terjadi sama kita.

Kalau saya, kasusnya cuma nomor satu aja sih, pengaruh kesibukan lain. Sepele tapi bisa bikin males ngetik buat blog. Sayang banget sebenernya, apalagi udah dibeliin domain. Jadi ya udah, saya paksain buat gerak.


Terus Gimana Cara Ngatasi Bosan atau Capek Ketika Ngeblog?    
1. Me Time
Me time itu seruuu banget. Bener-bener deh me time itu waktu buat istirahat dan relaks. Me time juga bisa bikin mood kita membaik, atau semangat kita muncul lagi. Kalo me time saya sih, maskeran atau skincare time, atau blogwalking. Apapun itu me time kalian, soklah dilakuin, kulineran, travelling, nonton drakor, shopping makeup. Pastikan mood kita baik setelah kita me time ya.

2. Blogwalking
Blogwalkng juga bisa jadi salah satu cara mengatasi bosan saat ngeblog. Biasanya, kalau kita baca-baca blog orang atau tulisan orang, kita jadi nambah wawasan dan kadang justru bikin ‘ah aku juga pengen nulis kaya gini’. Banyak loh blog-blog keren yang bisa buat nambah wawasan, atau sekedar refreshing, atau yang bisa bikin semangat. Favorit saya masih blognya kak lintang sama mbak Gesi.

3. Just Do It
Mulai. Coba mulai aja. Kalau ngga dicoba ya pantes aja ngga nulis-nulis. Coba mulai nulis dari apa yang kita rasain. Misalnya capek ngeblog, yaudah tulis tentang itu and how to deal with it. Jadi sambil nulis juga sambil mengatasi gimana supaya semangat nulis lagi.

Katanya nulis itu passion, kok harus maksa diri buat nulis? Harus bikin semangat diri sendiri?
Gaes. Apapun passion kita atau kesukaan kita, pasti ada saatnya kita ngerasa capek, atau juga jenuh. Penulis yang nulis mulu, pasti capek. Penyanyi yang nyanyi mulu, pasti ada capeknya. Apapun passionn kita, kita perlu ‘istirahat’. Dan kesibukan administrasi yudisium ini yang membuat saya ‘istirahat’ dari nulis saya. Saya mah yaudah sih gapapa. Biar fokus dulu.

Hidup kita bukan sekedar berputar di passion kita kan? Ada urusan dunia lain, ya keluarga lah, ya teman lah, dan lain-lain.

Jadi, pernah ngerasain bosan, capek, atau jenuh ketika ngeblog? It’s okay, itu normal kok. Tapi, jangan justru dibiarin dan bikin nulis kita ngga produktif lagi. Produktifitas menurun sih gapapa, yang penting tetep nulis. At least, blogpost ini bisa bantu kalau-kalau kalian ngerasa lelah dan butuh tips mengatasi bosan atau capek ketika ngeblog.

Gimana menurut kalian? Ada tips lagi kah buat mengatasi bosan aau capek ketika ngeblog? Sharing dong :)

You May Also Like

6 comments

  1. Ha ha betul kaka sehobi hobinya kita menulis atau apapun pasti ada rasa cape seperti penyanyi disuruh nyanyi terus

    ReplyDelete
  2. Nah iyaa kan, normal kok kaya gitu tuh..

    ReplyDelete
  3. Hai mbk, salam kenal. Sama nih, aku juga lagi sibuk-sibuknya ngurusin persyaratan yudisium yg rempong gilak. Aku juga pernah ngerasain bosan nulis. Btw, makasih sharing tipsnya, jadi pengen me time. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga muthi haura, semangat ya buat yudisiummya, tinggal sedikit lagi dan abis itu bakalan bebas

      Delete
  4. Saya kelamaan me time sampai terlena hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha aduh kelamaan me time bahaya juga ya haha

      Delete

Halo everyone, saya akan kunjungi kembali nanti :)