Melihat Internet dan Media Sosial dari Sisi Positif

by - October 01, 2017


Internet itu istilah, yang kependekannya adalah interconnected networking. Ada banyak hal yang bisa kita akses melaui internet. Horrigan (2002), dalam jurnal yang berjudul Pemanfaatan Internet dan Dampaknya pada Pelajar Sekolah Mengengah Atas di Surabaya oleh Elfan Rahardiyan K, nyebutin tentang empat pemanfaatan internet yaitu buat akses email, buat kesenangan misalnya nonton video, buat kepentingan informasi misalnya mencari informasi produk, sama buat transaksi misalnya transaksi online. Keempat hal itu sering dilakuin orang Indonesia kan yah.

Youtube dan blogging adalah dua hal yang bisa saya bilang lagi sangat digandrungi sekarang-sekarang ini, diliat dari perkembangan user youtube sama tumbuhnya blog-blog baru. Selain itu, sosial media juga masih digandrungi banget terutama sama anak muda.

Hampir semua muda mudi pasti punya akun sosial media entah facebook/instagram/twitter. Mereka juga sering sharing aktivitas atau keseharian ataupun cuma momen-momen penting di sosial media mereka, ditambah sama caption/deskripsi yang kadang lucu kalau dibaca.

Tapi masalahnya adalah ada banyak juga konten negatif di Internet dan sosial media. Kita ngga bisa dengan mudah menghapus semua konten negatif itu. Kalau kita ngga pinter menyaring konten-konten itu, bisa-bisa kita terpengaruh. Kita harus bisa melihat internet dan sosial media dari sisi positif. Nah gimana sih supaya lingkungan internet dan social media kita ngga terisi sama hal-hal negatif?

Internet untuk seru-seruan : Youtube dan Blogging
Di internet ada banyak hal, ada banyak web yang bisa diakses, salah duanya adalah youtube dan blog. Setiap orang pasti suka nonton youtube kan? Nah yuk mulai tonton apa yang kamu sukai di youtube, dan ulangi beberapa kali karena ini bisa mempengaruhi tampilan laman home youtube kamu.

Kalau kamu terus-terusan nonton konten positif, otomatis youtube juga bakal kasi kamu rekomendasi video yang punya konten positif dan seru dihalaman home. Cobain deh nonton karya para youtuber Indonesia, mereka kreatif banget, misalnya Agung Hapsah. Atau tonton deh para beauty YouTube (?) misalnya Alifah Ratu Saelynda atau Irna Dewi Official. Atau Ria Ricis juga yang subscribernya udah banyakk.


Selain itu yuk mulai blogwalking. Ada banyak blog-blog keren dan postingannya yang menarik banget. Apa topic kesukaan kamu? Biasanya perempuan suka merhatiin makeup, nah bisa mulai liat-liat di jurnal sociolla atau blog personal lain.


Kalau sukanya merawat kulit dengan skincare, nah boleh join di Female Daily atau langsung cari blogger yang sering bikin review skincare, ada banyak banget kok. Semua cuma tinggal bagaimana kita mulai mencari di internet.


Konten menarik di Sosial Media Facebook

Kebetulan paling sering saya pakai faceebook. Aktifitasnya mungkin ngga kelihatan orang lain tapi saya tetep paling sering pakai ini, jadi saya lebih mudah untuk ngerekomendasiin dari sini.

Akhir-akhir ini banyak kan berita-berita hoax yang datangnya dari facebook. Ternyata ada orang-orang yang entah memang sengaja menyebar hoax atau memang ngga tau hanya asal share berita dan jadi nimbulin kontroversi juga kadang-kadang.

Tapi ada banyak juga hal-hal positif dan menarik di facebook. Grup atau page ada banyak di faceebook dan kita bisa manfaatin buat ngeramein linimasa facebook kita. Misalnya ada fanpage dan grup Indonesian Hoaxes Community yang sering banget membahas apakah sebuah berita hoax atau enggak, atau adakah disinformasi di berita itu.

Kalau kamu kpopers boleh cari fanpage kpop yang nyediain berita kpop. Pasti ada beberapa yang selalu update, karena saya sendiri mgikutin fanpage kpop itu. Atau ada juga grup Anda Bertanya Sains Menjawab, yang semua pertanyaan dalam lingup sains akan dijawab juga dengan jawaban ilmiah dan biasanya dikasih jurnal ilmiahnya.

Kalau kita rajin melakukan explore, pasti kita banyak nemuin hal-hal positif di facebook. Semua tergantung diri kita masing-masing. Yuk sebarkan positifnya internet dan social media. Konten positif membantu mengembangkan pikiran yang positif sehingga bisa menangkal pikiran yang negatif.

You May Also Like

0 comments

Halo everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)