Mencerahkan Wajah dengan Masker Beras Buatan Sendiri (DIY Masker Beras)

by - October 04, 2017


Saya ini cukup suka maskeran sebenernya, karna maskeran itu jadi kaya relax time buat saya. Kadang bisa disambi kerjaan lain, sambil tidur-tiduran juga. Nah karna saya suka maskeran, otomatis harus stok terus maskernya, tapi saya ini kan kere jadi ngga mungkin pakai buat beli masker terus seenaknya.


Cara ngakalin biar stok masker tetap banyak tapi pengeluaran sedikit, saya bikin masker sendiri. Saya belum banyak pengalaman bikin masker sendiri, tapi ya punya banyak inspirasi. Kalo sekarang, saya bikin masker beras yang bisa buat mencerahkan wajah.

Inspirasi DIY masker beras ini saya dapet dari blog kak Lintang di randomandquick. Kak  Lintang emang suka bangett bikin DIY, ga cuma masker yang dibikin kak Lintang, ada juga cleanser, serum, peeling, toner dll. Dari semua resep masker, ada juga masker kopi , masker yougurt, dll.


Masker beras ini bisa mencerahkan wajah lho. Banyak orang yang pakai masker beras sebagai kegiatan rutin buat menjaga wajah supaya tetep bersih, cerah, dan ga kusam. Yuk langsung liat cara bikin DIY masker beras.

Bahan
Beras ¾ gelas
Air biasa

Cara Membuat
Pertama, rendam beras dengan air selama kurang lebih 1 jam. Waktu itu saya pernah sekitar 2 jam karna kelupaan. Jangan rendem kelamaan soalnya kandungan diberas nanti terlarut juga diair. Saya lupa fotonya jadi saya pinjem dari blog ka Lintang randomandquick (btw saya udah minta izin loh :))
Mencerahkan Wajah dengan Masker Beras Buatan Sendiri (DIY Masker Beras)
cr randomandquick

Kedua, setelah sekitar 1 jam, pisahin beras dari airnya. Airnya jangan langsung dibuang, air rendaman berasnya bisa dipakai buat cuci muka.

Ketiga, ambil beras tadi sesendok full dan taruh diulekan lalu beras bisa mulai diulek. Pastin berasnya udah bener-bener kepisah sama airnya ya. Berasnya ngga teralu keras karna udah direndem air. Ulek sesendok demi sesendok, dan ulek sampai cukup halus. Kalau ambil banyak-banyak nanti malah susah halus.


Kalau semua udah diulek sampai halus, maskernya bisa langsung dipakai.  Kalau mau disimpan, maskernya bisa dikeringin dulu, atau boleh juga disangrai (dipanasin diatas panci/teflon).
Mencerahkan Wajah dengan Masker Beras Buatan Sendiri (DIY Masker Beras)
Add caption

Nah kalau udah kering, saya misahin serbuk yang halus sama yang masih agak kasar pakai saringan. Yang agak kasar saya halusin lagi biar ga kasar banget kena kulit. Soalnya yg agak halus aja itu udah bisa buat peeling.

Note.
Saya kemaren ini ngeringinnya disangrai diatas wajan, berasnya sebenernya udah haluus karna saya saring pake saringan juga, tapi karna disangrai jadinya malah menggumpal lagi. Saran saya, mending di jemur aja. Biar beras yang udah jadi bubuknya itu tetep halus. 

Mencerahkan Wajah dengan Masker Beras Buatan Sendiri (DIY Masker Beras)
Yang atas yang halus
Yang bawah yang agak kasar
Gampang kan? Sekarang kalian punya stock masker buat beberapa lama. Bisa dua bulan malah. Btw, buat cara pakainya saya ambil 1,5 sdm bubuk masker beras ini, trus saya tambahin madu 1 sdt sama air secukupnya. Pastiin maskernya agak cair, atau kentelnya jangan terlalu biar olesin diwajahnya gampang. Baunya masker beras ini enak dan wangi banget, apalagi ada tambahan madu, kulit juga jadi lebih halus kalau pakai madu. 

Kalau udah 15 atau 20 menit, langsung dibilas pelan-pelan sambil wajahnya digosok pelan juga. Hasilnya wajah jadi mulusss dan bersih. Oh iyaa, karna maskernya dari beras plus madu, dia bisa jadi pembersih wajah, ga perlu cuci muka lagi pake face wash.

Masker beras ini, meskipun teksturnya yang saya buat halus, ternyata di kulit masih kerasa kasar. Biarpun gitu, masker beras ini bisa dipakai untuk mencerahkan wajah kalau dipakai rutin.

Yuk mulai bikin masker beras sendiri yang cocok di kantong dan cocok di kulit :) Have a nice day

UPDATE 09 Oktober 2017
Saya cukup sering pakai masker beras ini meskipun ngga tiap hari. Biasanya saya pake malem sebelum tidur, karna pas seharian diluar rumah muka kotor dan dekil. Maskeran pake beras+madu ini enak dan baunya harum. Selama udah 2 mingguan ini saya rutin pakai masker beras ini (tapi ngga berturut-turut setiap hari) saya suka sama hasilnya. 

Untuk efek mencerahkan saya masih belum liat, tapi yang menyamarkan noda bekas jerawat itu work. Bahkan lebih cepet samar bekas jerawatnya dibanding kalo saya pakai kelly cream. Bukan berarti sepenuhnya karna masker beras ini ya soalnya saya juga pake acne-care whitening. Yang jelas semenjak pake acne-care whitening plus ditambah masker beras ini, bekas jerawat lebih cepet ilangnya.

Muka saya jadi bersih, soale sekalian peeling kadang-kadang. Mencerahkan dikit, ngga terlalu keliatan tapi. Kusamnya juga makin lama makin ilang berkurang

UPDATE 28 Februari 2018
Saya beberapa hari yang lalu bikin masker beras lagi, tapi pakai blender. Lebih cepet sih, tapi buat dapet tekstur yang halus tetep aja saya harus ulek dan saring pakai saringan. Ini yang saya lakuin.

Pertama, rendam ¾ beras di wadah. Rendam satu jam, lalu pisahkan beras dari airnya. Pastiin berasnya bener-bener kepisah sama airnya. Kali ini, saya bagi tiga berasnya, yang pertama masih ada bekas basah berasnya langsung saya blender, yang kedua saya keringin sebentar di bawah matahari, yang ketiga yang agak lama dibawah matahari.

Kedua, saya blender yang buat bawang yang beras pertama. Hasilnya, berasnya bisa halus. Tapi karna masih basah, dia kaya memadat gitu. Saya harus aduk supaya ngga nempel. Fotonya kaya dibawah.

Ketiga, saya blender lagi beberapa kali, dan saya ulangin lagi tahap dua.

Keempat, saya saring hasil blender tadi. Hasilnya halus, tapi ada juga yang masih menggumpal, jadi saya ulek aja. Berasnya ga keras kok, justru cepet nguleknya dan cepet halusnya.

Itu baru beras pertama sih ya, beras yang kedua saya lakuin sama kaya beras pertama. Beras kedua itu kondisinya dia udha ga ada bekas air sama sekali. Ketika diblender, dia juga nempel-nempel kaya beras pertama. Tetep bisa halus, tapi juga masih ada yang menggumpal. Yang menggumpal itu saya ulek pake ulekan udah agak keras. Jadi harus pake tenaga dikit supaya gumpalannya itu jadi halus.

Beras ketiga juga saya perlakuin sama kaya yang pertama sama kedua. Berasnya udah lebih kering dari yang kedua, pas di blender sih ga terlalu nempel kaya yang pertama sama kedua, tapi teksturnya ngga sehalus yang pertama kedua. Sewaktu saya ngulek sisanya yang belum halus, ternyata mereka lebih keras. Capek saya nguleknya.

You May Also Like

6 comments

  1. Woalah, ternyata gampang ya bikin masker beras. Tapi utk org malas kayak aku, enak beli masker yg udh jadi dan tinggal pake aja deh. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gampang, lumayan ngisi waktu luang juga hehe
      Tapi kadang aku juga males kok trus beli yang langsung jadi
      Thank you for visiting :)

      Delete
  2. Disimpan di kulkas atau di suhu ruang aja? Pakai blender ngalusinnya bisa ga? Blender kering tanpa air itu. Malas ngulek ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di suhu ruang bisa kok, tahan sampe 2 bulan malah..
      Kalo pake blender aku belom tau sih, tapi klo mau dicoba, bener blender kering aja. Klo aku berasnya direndem gitu tujuannya biar gampang nguleknya aja sih.
      Thank you for visiting :)

      Delete
  3. Kalau berasnya bebas ya kak he he,terimakasih tips maskeran murah meriah namun efektif apalagi kaka sudah mencoba sendiri jadi saya juga tertarik untuk buat masker dari beras juga nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas, boleh dimodif pake beras merah atau beras ketan hitam juga

      Delete

Halo everyone, saya akan kunjungi kembali nanti :)