8 Drama Korea Favorit

by - March 30, 2018


"Nonton K-Drama itu asik soalnya banyak oppa-oppa ganteng, jadi bisa cuci mata"

Weekend gini enak banget deh me time nonto K-Drama. K-Drama itu drama korea yang sekarang banyak banget penggemarnya, mulai dari yang cilik sampe emak-emak pun suka. Biasanya durasi K-Drama itu sekitar 60 menit dengan jumlah episode rata-rata 16 episode. Ada juga yang 20 episode, dan ada juga drama weekend yang bisa sampe 50 atau bahkan 100 episode.

Tapi udah dari tahun lalu, satu episode dipangkas jadi 30 menit. Tapi perhari langsung nanyangin 2 episode. Sama aja sih ya sebenernya haha. Cuma kalo download aja yang ngga enak sih ya. Biasa 16 kelar, elah sekarang jadi 32.

K-Drama itu buat saya udah kaya sinetron pengganti di Indonesia. Menurut saya, K-Drama itu kueren banget. Jalan ceritanya apik, ide ceritanya juga macem-macem. Dan ga lupa ada oppa-oppa kecenya yang bikin betah nontonin drama korea hihi.


Sebenernya, saya bukan penyuka k-drama banget. Saya lebih ke kpop song, tapi ya tetep aja saya suka nonton K-Drama meskipun gak up to date. Tahun ini aja, saya ga punya drama favorit. Drama yang saya tonton paling satu atau dua. Abis, lagi fokus urusan dunia sih jadinya rasanya belum waktunya nonton drakor baru. Sekarang pas selo, jadinya malah nonton drakor-drakor lama haha.


Anyway, ini dia drama korea favorit saya dari beberapa tahun yang lalu, sekalian nostalgia deh yuk.


1. Signal (2016)

Serius saya telat banget nonton ini, soalnya saya baru nonton ini beberapa minggu yang lalu. Dulu ga tertarik soalnya tema dramanya crime sama mystery gitu, emang saya agak parno sih sama yang genre ginian. Tapi untungnya ada temen nonton.

Jadi ini drama super duper keren banget. Cerita awalnya sih tentang polisi namanya Park Hae Young yang nemuin walkie talkie. Walkie talkinya kaya ada yang ngomong gitu, ngomong tentang rumah sakit jiwa yang udah lama tutup. Dan itu jadi awal mula cerita drama ini terbentuk.

Ih sumpaaah saya nyesel banget baru nonton ini, soalnya ternyata emang kasus-kasus yang diangkat bukan kasus sembarangan, tapi kasusnya terinspirasi dari kasus di Korea sendiri. Ceritanya mantep, mendalem, ada sedikit bumbu fiction gitu. Pokoknya keren. Baru episode pertama aja udah bikin banyak teori-teori di kepala saya.
Baca Review Disini

2. Dream High (2011)


Ini drama musikal yang tayang tahun 2011. Pemainnya kece-kece dan acting mereka baguus. Belom lagi ditambah ide cerita yang bikin drama ini makin disenengin banyak orang. Drama Dream High beda genre sih sama Signal, tapi saya suka soalnya banyak nyanyi-nyanyi gitu ahaha.

Intinya drama ini menceritakan kisah dan perjuangan enam siswa sekolah tinggi kirin yang pengen jadi penyanyi di industri musik Korea. Go Hye Mi, Song Sam Dong, Jin Gook, Yoon Baek Hae, Kim Pil Sook, Jason wah mereka berjuang banget buat jadi idol. 

Awalnya juga mereka ngga berenam, mereka beda geng. Hye Mi sama Baek Hee awalnya temen deket, terus berantem sama Baek Hee. Mereka berdua jadi musuhan. Terus Hye Mi jadi deket sama Sam Dong sama Pil Suk soalnya mereka sama-sama di kelas khusus.
Baca Review Disini


3. My Love From the Star (2015)


Ini drama tentang makhluk luar angkasa, Do Min Joon, yang akhirnya jatuh cinta sama manusia, Cheon Song Yi, artis terkenal di Korea. Do Min Joon punya kekuatan-kekuatan super, kaya kekuatan superhero gitu. Dia lagi nunggu komet buat pulang ke rumah asalnya, tapi beberapa bulan sebelum komet dateng dia justru jatuh cinta sama Cheon Song Yi.

Pokoknya, awal mereka ketemu itu kocak banget. Mereka juga makin deket setelah peristiwa Song Yi dibully dan ditudul bunuh teman artisnya. Ini drama genre romance fantasy, jadi kalo pengen yang so sweet gitu bisalah nonton ini, apalagi gatau kenapa Kim Soo Hyun jadi kereen banget disini.
Baca Review Disini

4. Descendent of The Sun (2016)


Ini tentang Kapten Yoo Si-jin (alias Big Boss), Pemimpin Tim Alpha, unit pasukan khusus tentara Korea Selatan Sama Dokter Kang Mo-yeon. Kisah mereka lanjut di Urk, dimana disana Yoo Shi Jin bertugas buat menjaga perdamakan dunia sekaligus bagi Moyeon itu adalah tempat dia dibuang.

Di Urk, mereka sama2 menghadapi perang, gempa bumi, sama penyakit yang ngeri banget. Serius, efek bangunan hancur karna gempa bumi ini digambarin keren banget. Mas Si Jin cakep banget disini, apa efek kangen karna si mas wamil ya? Haha and the happiest thing is, they are married. Huhu seneng banget di kehidupan nyata ternyata mereka jodoh.
Baca Review Disini


5. The Master's Sun



Ini drama agak serem tapi bukan drama horror kok. Ini drama horror komedi, jadi horrornya ngga di show up banget-bangetan. Tapi ya setan-nya tetep aja serem, apalagi kalo nonton malem-malem, duh.

Disini, Tae Gong Sil bisa liat hantu, dan hantu-hantu gentayangan itu terus-terusan ganggu Gong Sil kayak suka muncul tiba-tiba didepan matanya. Kan serem. Terus Gong Sil ketemu sama Joo Won, yang ternyata punya kekuatan magis buat Gong Sil. Jadi, pas Gong Sil megang Joo Won, hantu-hantu yang dia liat jadi ilang semua.

After all, drama ini bagus banget. Karna meskipun horror, tapi ada pesan-pesan penting di drama ini. Di tiap episode, biasanya Gong Sil ketemu hantu yang punya masalah yang belum selesei, entah sama temen entah keluarga. Dan akhirnya juga Gong Sil bantu hantu-hantu itu buat nyelesein masalah mereka supaya mereka bisa pergi dengan tenang.
Baca Review Disini

6. W (2016)



Drama ini nampilin dua dunia yang berbeda, yaitu dunia nyata sama dunia webtoon yang diciptain sama pelukis webtoon terkenal yaitu ayahnya Oh Yun Joo. Webtoon yang beliau buat, ternyata beneran dunia yang ada.

Wait, saya agak bingung mau nyeritain drama ini soalnya dunianya bisa tiba-tiba pindah. Oh Youn Joo ini sebenernya dokter, terus pas lagi di kamar ayahnya, dia tiba-tiba ketarik ke dunia webtoon yang dibikin ayahnya. Dia ketemu Kang Chul yang waktu itu hampir meninggal, trus ditolong, trus kaya webtoon itu ya berubah. Gitu terus pokoknya, Youn Joo bahkan sampe terlibat permasalahan di dunia webtoon itu. Ngeri banget bagian ayahnya Youn Joo ini gilaaa gilaaa.
Baca Review Disini

7. Reply 1997 (2012)


Ini drama asik dan ringan menurut saya. Alurnya juga alur maju mundur yang bikin penonton pasti greget gemes pengen tau endingnya. Jadi, Reply 1997 ini drama yang nyeritain kisah dan kehidupan 6 sahabat di masa sekolah menengah atas pas boyband di Korea sana lagi booming-booming- nya. Drama ini cukup deket sama gambaran kehidupan anak 90-an loh.

Btw, latar reply 1997 ini di busan euy dan percakapannya kentel banget sama aksen busan. Apalagi gaya ngomongnya eunji, gatau kok asik aja gitu ngeliatnya. Kita yang nonton jadi makin greget nontonnya deh.
Baca Review Disini

8. It' Ok, Its Love


Ini drama yang berlatar kejiwaan gaes. Ceritanya, Jang Jae Yeol ini penulis buku terkenal, keliatan normal tapi justru dia..mm..ada masalah kejiwaan. Pas kecil, dia sering dipukulin ayahnya dan itu jadi trauma buat dia. Dia ga bisa tidur di kasur, dan cuma bisa tidur di toilet. Dia juga punya temen halusinasi yang namanya Kang Woo. Anak itu juga sebenernya gambaran dia sewaktu kecil.

Nah, Jang Jae Yeol ketemu sama Ji Hae Soo yang ternyata psikiater. Ji Hae Soo ini yang nantinya bantu Jang Jae Yeol buat nyembuhin masalahnya.

Btw, di drama ini dipenuhi sama orang-orang yang punya trauma dan nyebabin mereka punya ketakutan sama hal tertentu. Ini ceritanya keren abis, bantu kita buat memahami bahwa masalah sekecil apapun itu gabisa disepelein, dan kita harus banyak apreciate orang-orang disekitar kita.
Baca Review Disini

Capek juga ya nulisnya. Atau saking semangatnya? Haha yang jelas semua drama di atas saya sukaaaa banget. Alur, ide cerita, pemeran, actingnya, semua saya suka. Semua bagus-bagus. Sayang banget kalau dilewatin.


Anyway, kalian suka drama apa? Share dong barangkali saya jadi kepincut mau nonton hihi.

You May Also Like

16 comments

  1. Saya udah nonton no 2, 3, 5 ama 6 Mba. Kalau yang lain belum jadi penasaran juga. Apalagi yang pemainnya itu song-song couple heheh. Tapi dari semua drama di atas, saya paling suka itu W ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekomendasi saya sih klo lagi pengen yang seru bisa signal, tapi kalo lagi pengen yang ringan bisa descendent of the sun, romance nya kenceng juga disana hehe

      Delete
  2. Mbaaa, Goblin nggak masuk favorit? :p
    My Love From the Star (2015) belum selesai aku tonton nih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gatau kenapa kok goblin ga menarik hati, kalo nonton di skip mulu, kayanya cuma saya yang aneh begini haha
      Yang my love from the star seruu, cuma kadang capek aja sama romance nya wkwk

      Delete
  3. Saya baru nonton nomer 2 dan 3. Wkwk. Ini favorit sepanjang masa atau favorit kapan gitu mba? Biar jelas, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 sama 3, karna kim soo hyun kah? Dia emang actingnya keren banget
      Iya ini bisa dibilang all the time, soalnya ditonton sampe berulang kali haha, will edit it soon hehehe

      Delete
  4. Kalau dari list di atas paling suka aku Signal. Reply Series juga suka tapi lebih suka yang 1988. Udah nonton Another Oh Hae Young atau Oh My Venus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaak another oh hae young juga sukaa bikin baper banget, tapi ending-endingnya bikin khilaf hahaha

      Delete
  5. Baru nonton 2,4,8 ntr coba minta ke teman ah.. Lumayan buat tontonan di kost, bosan nonton anime mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekomendasi saya sih yang no 1,soalnya bagus abis

      Delete
  6. Aku juga suka dream high mbak, tos dulu dong kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss
      Aih senengnyaaa ada temen yang suka dream high jugaa 😆
      Jarang jarang nih saya dengernyaa haha

      Delete
  7. Aku suka drama W, tapi sayangnya belum nonton sampai habis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo tonton sampe abis, makin belakang makin seru dan...serem hehehe

      Delete
  8. semua drama di atas memang seru, aku udah nonton sebagian.. tapi kalau signal, its okay its love belum pernah nonton.. tapi karena its okay its love ceritanya menarik, jadi penasaran deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya its okay its love menarik soalnya temanya tentang kesehatan kejiwaan, kita bisa jadi lebih aware sama masalah kejiwaan semacam stress/depresi gitu mba
      Btw signal tetep saya rekomendasiin soalnya baguus

      Delete

Halo everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)