Media Sosial Favorit

by - November 24, 2018


Ngomongin media sosial itu pasti panjangnya bisa ngelebihin skripsi. Karna, banyak banget hal menarik yang bisa dibahas. Tapi, berhubung saya lagi males, saya bikin topik yang sederhana aja.

Sebenernya, saya udah pernah bikin post tentang Internet dan media sosial, makanya mau nulis tentang media sosial lagi rasanya kok kaya ngulang-ngulang. Meskipun tulisan saya masih kentang, tetep aja rasanya bakal ngebosenin kalo nulis topik yang mirip gitu.


Apa sih definisi Media Sosial?
Sebelum lebih lanjut ngomongin tentang media sosial favorit, paling engga harus paham dulu dong sama yang namanya media sosial. Media sosial itu ngga cuma facebook, Instagram, atau twitter lhoo, ada banyakk jenisnya. Media sosial itu, wadah buat saling berbagi ke banyak orang, bukan personal atau hanya antara dua orang aja.

"Media sosial adalah sebuah media daring (online) dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia." (Wikipedia)

Definisi dari wikipedia ini jelas banget, makanya saya kutip disini. Poin penting tentang media sosial yang saya bold ya.

My Favorite Social Media
Facebook
photo : pixabay

Ini media sosial pertama yang saya join. Dulu tahu 2010, baru kenal sama yang namanya internet. Belum kenalan sama friendster tapi langsung ke facebook. Facebook buat saya itu positif. Banyak hal-hal yang saya suka disini. Contohnya, grup Blogger Perempuan, Indonesian Hoaxes Community, Anda Bertanya Sains Menjawab, dan fanpage Kpop.

Dari grup blogger perempuan, saya dapet banyak ilmu tentang blog, dan saya juga blog saya menjadi lebih baik karna grup ini. Dari grup Indonesian Hoaxes Community, saya jadi lebih terbuka sama berita hoax dan bukan, jadi lebih berhati-hati sama berita apapun dan ngga nelen semuanya mentah-mentah. Dari grup Anda Bertanya Sains Menjawab, saya dapet penjelasan ilmiah tentang banyak hal, semuanya berdasarkan jawaban ilmiah yg biasanya sekalu disertai sumber ilmiah, misalnya jurnal. Sedangkan dari fanpage kpop, itu hiburan saya. Saya suka kpop dan saya dappet berita-berita kpop ya disitu.

Youtube
photo : pixabay
Saya agak addict sama internet, terutama youtube. Saya kan suka kpop, saya tuh suka ga tahan buka-buka youtube buat cari video related to kpop. Ada banyak banget jenis video yang bisa ditonton, variety show, music show, sama fanmade video. Paling engga, tiap hari nonton 1-2 video music show dari grup kpop yang lagi comeback (rilis single/mini album/album baru)..

Saya juga suka nontonin beberapa youtuber yang kontennya saya suka. Ngga semua video mereka saya tonton sih, tapi ada lah beberapa yang saya suka. Kontennya juga macem-macem, ada yang beauty, ada juga vlogger biasa, ada juga yang social.


Lagi mencoba buat mengurangi youtube sekarang, karna, ngabisin kuota aja. Haha.

Instagram
photo : pixabay

Ini media sosial yang saya punya dan saya lumayan aktif disini. Apa ya? Seru aja sih. Buat saya, instagram itu adalah komunikasi dan silaturahmi dengan cara yang menyenangkan. Salah satu yang menyenangkan buat saya sih, balesin story orang-orang hehe.

Selain itu, ada beberapa instagram account yang saya beneran suka, makanya betah sama instagram, misalnya C Chanel, jousca, sama fan account hyunjinstraykids, sisanya adalah temen sekolah/kuliah saya dan temen-temen blogger.

C Chanel itu kontennya beauty, dan banyak konten tentang skincare juga disana. Videonya menarik dan singkat sih, makanya enak ditonton. Kalau jousca_id itu kontenya finance, saya jadi lebih berpikiran luas buat urusan financial setelah follow jousca. Bahasa mereka cenderung ringan dan mudah dimengerti, trus suka share tentang kisah finansial seseorang gitu. Kalau fan account itu buat hiburan aja, karnaaa saya beberapa minggu ini lagi ngerasain sensasi fangirling (setelah bertahun-tahun). Saya lagi seneng cogan brondong dari grup stray kids. Lumayann liat foto-fotonya bikin tambah semangat dikit hihi.

Wattpad
Saya suka banget lah sama wattpad. Wattpad masuk definisi media sosial karna juga ada timeline (kaya update status) dimana status orang yang kita follow akan muncul di bar notification (tempat story update juga).

Saya lumayan suka baca-baca cerita di wattpad, ada banyak penulis luar biasa disini. Ngga addict sih, soalnya saya juga milih-milih bacanya, dan selera saya suka berubah-ubah. Tapi baca cerita di wattpad itu hiburan, buat ngelepas stress.


Blog
photo : pixabay

Last but not the least, is blogspot. Buat saya, blog emang bukan urutan pertama buat masalah media sosial favorit, tapi blog punya tempat spesial banget, ngga ada yang se-spesial blog.


Blog itu tempat saya tumbuh, berkembang dan berbagi. Ada banyak hal yang membantu saya untuk menjadi saya yang sekarang. Tulisan-tulisan di blog yang masih receh justru bikin saya jadi makin tau tentang nulis, tentang komunikasi, tentang manner, dan tentang menjaadi diri sendiri. Wah bisa deep writing nih kalo diterusin.

So, that's all. Ngga banyak kok media sosial yang saya suka, ya cuma lima diatas, karna dari lima itu aja saya udah dapet banyak hal positif. Kalo ada yang negatif, langsung hempas aja, selesai.

Menjadikan media sosial sebagai tempat positif, informatif, dan edukatif itu gampang, karna semua tergantung tangan kita. Kalo ada hal negatif, bisa kok langsung hide, report, atau sekalian block. Selesai.

And, what's your favorite? Dan kenapa kalian suka?

Sumber foto
pixabay


*Day 5 - Tentang Media Sosial
*BPN 30 day Blog Challenge 2018

You May Also Like

6 comments

  1. Dari sekian banyak medsos, memang mesti pilih-pilih Mba. Kalo gak gitu bisa habis waktu kita dengan hal-hal yang kurang produktif. Setuju, hempaskan saja 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iyaa ya, nanti nyesel belakangan begitu tau waktu udah abis buat sesuatu yang ngga bermanfaat buat diri sendiri

      Delete
  2. Betul mba, socmed harus kaya cari jodoh ya cari yg nyaman dan sesuai di hati hehehe..

    ReplyDelete
  3. Betuuul banget mbak, yang negatif-negatif hempas aja daripada bikin mood jadi jelek yaa mbak

    ReplyDelete

Halo everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)