Mau Jadi Full Time Blogger, Tapi...

by - December 11, 2018


Waaah day 22 nih, udah mulai kerasa capeknya. Ternyata emang lumayan capek ya nulis tiap hari dan jaga konsisten.

Tapi, syukurlah masih mampu konsisten sampe hari ini. Semoga bertahan sampai akhir ya, pejuangs.

Topik hari ini, pilih jadi part time blogger atau full time blogger.

Full time blogger itu berarti fokus ngeblog, ngga ada kerjaan lain, cuma bertumpu ke blog. Gitu ngga sih? Di kacamata saya, full time blogger means menjadikan blog sebagai mata pencaharian.

Kalau part time blogger, itu berarti ada kerjaan utama yang dilakuin, dan blogging sebagai sampingan, biasanya hobi.

Part Time or Full Time?
I don't want to be a part time blogger, soalnya berat sis. It means saya tetep menjalankan blog disamping kerjaan utama. Harusnya sih ngga masalah, soalnya blogging itu kan hobi, kesukaan, you name it, tapi tetep aja capek lho.

Nah kalo udah gitu, mending jadi full time blogger aja ya. Fokus ke hal yang kita sukai itu kan asik banget, berat dan capeknya selalu dinikmati. 

Sayangnya, fakta dan realita tidak seindah itu senyorita. Ada 'syarat dan ketentuan' yang secara ngga langsung menahan diri buat jadi full time blogger. Saya sih.

It's all about money
First of all, full time blogger means melepaskan kerjaan dan fokus jadi blogger. Buat saya yang masih jones, rasanya masih agak berat. 

Why? Lha wong blog saya masih belum jadi 'apa-apa'.

Seenggaknya, blog udah harus ada pemasukan, money gaes. Gimanapun, hidup itu butuh duit kan gaes, ngeblog aja butuh duit kok.

Tau sih, blogger itu penghasilannya bisa dibilang engga pasti, bisa lebih bisa juga kurang. Tapi ya itu, paling ngga ada sedikit pemasukan.

Atuh mah saya ngga mau membebani keluarga terus, meskipun sebenernya Ayah itu menafkahi perempuan sampai dia menikah. But, nay deh.

Yang saya lakuin itu sementara part time blogger, one day, kalo blog udah jadi sesuatu, udah punya tabungan lebih, boleh deh jadi full time blogger.

In sum, kalo ditanya pilih jadi part time blogger atau full time blogger, I wil surely choose full time blogger. Saya pengen bercapek-capek ria dan berpusing-pusing ria buat hal yang saya sukai, which is blogging.

Cheer up.

*Day 22 - Pilih Jadi Part Time Blogger atau Full Time Blogger
*BPN 30 day Blog Challenge 2018

You May Also Like

10 comments

  1. Bener juga ya soal pemasukan yg nggak pasti. Karena full time blogger jadi seperti freelancer aja ya. Makanya nggak boleh mager ya kalo udah jadi full time, kalo gak ngeblog nggak ada uang nggak makan deh hahaha semangattt Mbaaa! Semoga bisa terwujud mimpinya (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, bergantung sama hasil yang ngga pasti itu tidak enak kakk paling engga harus ada modal (materi dan immateri) yang bisa menopang blog selama beberapa bulan

      Delete
  2. semoga kelak bisa jadi fulltime blogger yg profesional ya..

    ReplyDelete
  3. Sama sih, Mbak. InshaAllah tahun depan nekat mau full time blogger. Kalau menurut saya biar keinginan kita tercapai kita harus keluar dulu dari zona nyaman, biar setiap hari berpikir besok mau apa. Biar setiap hari menghemat hemat pengeluaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah hebat itu, berani ambil tantangan dan keluar zona nyaman. Kalo saya ngga bisa kaya gitu wkwk harus ada kepastian dulu, apakah blognya memungkinkan buat dijual, pegangan ngeblog beberapa bulan, dll

      Delete
  4. Samaan. Saya juga mau jadi full time blogger. Tapi buat ke sana itu masih butuh perjuangan keras. Hahahaha...
    Semangat mbaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat buat kitaaa sis, semoga kelak bisa bener2 jadi full time blogger dan ngga sekedar nulis ala-ala tapi bener-bener bisa menjual blog

      Delete
  5. Aku gak sanggggupppp kalo jadi fulltime blogger 😅

    ReplyDelete

Halo everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)