Sehat itu Mudah, kok | 5 Tips Hidup Sehat ala ayaocha

by - December 01, 2018


I'm not an expert tapi tips-tips dibawah adalah yang aku jalanin. Ngga terlalu terasa sekarang, tapi nanti setelah umur sekian mungkin baru terasa.


Air Putih
Saya sering banget ngingetin ini sama orang lain. Minum air putih yang cukup. Minimal 8 gelas. Boleh minum kopi, teh, susu atau yang lain, tapi air putih tetep harus konsumsi.

Ini bisa langsung kerasa lho manfaatnya di badan kita. Paling keliatan sih, bibir. Kalau kita minum air putih yang cukup, bibir kita bakalan selalu lembab dan segar. 

Coba kalo minum sedikit? Fix langsung kering plus pecah-pecah bibirnya.

Senam
Kalo ada yang bilang, males ke gym, atau ga ada budget, atau jogging diluar panas, itu bener-bener alesan doang.

Olahraga itu kan bisa dimana aja, termasuk di rumah. Meskipun pasti beda, tapi paling engga, tetep olahraga di rumah atau di kamar.

Caranya? Senam. 

Banyakk banget video senam yang ada di youtube, bisa pilih mau download yang mana.

Dan, gausah dibawa ribet lah. Cari aja senam kesukaan. Kalo saya sih, jujur aja saya pake video 'Senam Pramuka' sama 'Senam Ria Anak Indonesia'.

Itu dulu senam saya pas jaman SD, sukaa banget sama backsound yang dipake, makanya saya senam pake itu. Seru lhoo, bisa sambil ketawa-ketiwi inget kenangan jaman SD.

Emang ngga seberapa, tapi lumayan kan ada senam total 30 menit. Badan gerak segitu, kan lumayan dari pada ngga senam.

Konsumsi Buah-buahan
Buah-buahan itu seger lho. Pasti banyak yang suka buah yaa.

Konsumsi buah, terutama buah yang kandungan airnya banyak, itu mbanu buat mengurangi dehidrasi. Vitaminnya dapet, segernya juga dapet.

Kurangi minyak
Yes. Kurangi minyak. Saya juga bingung penjelasannya kaya gimana, tapi minyak itu bikin mulut seret.

Minyak itu juga kurang baik buat kulit. Di saya, sesuatu yang berminyak itu bisa bikin kulit makin berminyak. Padahal, kalo udah berminyak, kulit saya jadi keliatan kucel banget.

Kurangi konsumsi gula/manis
Nah, orang Indonesia cenderung suka sama yang manis-manis.

Es teh manis, jeruk manis, coklat, snack coklat (biasanya mengandung gula yang banyak), jajanan minuman (yang banyak kandungan gulanya juga), dann masih banyak lagi.

Padahal, bahaya lho makan atau minum yang manis berlebihan, bisa berpotensi penyakit gula.

Saya nih, kalo makan sesuatu yang manis berlebihan, langsung deh jerawatan. Jerawat merah gitu.

Ga jelas banget sih ini blogpost haha tapi ya saya berusaha banget bikin post tentang hidup sehat ala saya ini.

Sejujurnya, saya juga belum sehat banget hidupnya. Tapi, seenggaknya saya ngelakuin tips hidup sehat diatas. Jadi, badan saya ngga kasian banget.

Susah ya hidup sehat? Ah, engga juga. Tergantung kuatnya niat dan motivasi kita. Kalo masih gampang tergoda gaya hidup yang sehat, berarti motivasi kita perlu dikuatin lagi.

Cheer up
Ps. Saya nulis ini sambil nahan-nahan pusing di kepala, jadi, mohon maaf kalo nulisnya terkesan ngga niat hehe. Saya berusaha jaga komitmen saya sama Blog Challenge ini, soo cheer up everyone.

*Day 12 - 5 Tips Hidup Sehat Ala Kamu
*BPN 30-day Blog Challenge 2018

You May Also Like

8 comments

  1. Dulu waktu saya lagi perawatan jerawat sama dokter, saya disuruh jangan makan yang goreng-gorengan, banyakin air putih dan hindari makanan berbahan dasar tepung and it works. Kulit saya kinclong bener deh tapi sayang cuma sebulan doang. Abis itu bandel lagi dan balik jerawatan mbak hihi

    btw, get well soon pusing-pusingnya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ini beneran ada efeknya ya? Tapi aku punya temen ya, dia walaupun makanannya sembarangan (gorengan, donat, dll) kulitnya tetap bagus >.< kadang ngiri.

      Delete
    2. Thank youu mba nikeee :')
      Nah itu mbak, saya kurang tau gimana sih penjelasan medisnya, tapi emang minyak yang gorengan itu ga baik buat kulit, di banyak orang langsung keliatan efeknya klo makan gorengan berlebih. Kalo yang berbahan dasar tepung saya belom tau sih hihi, soalnya kulit saya belum pernah ada problem sama yang tepung2an, tapii makasih banget sharingnya, saya jadi bisa mulai ngurangin komsumsi tepung2an hehehe

      Delete
    3. Balik ke fakta kalo kulit setiap orang beda-beda sih mbak dewi, enak banget yang punya kulit 'badak' gitu, makan apa aja ngga ngaruh di kulit. Tapi, buat kesehatan badan tetep aja bisa ngaruh, emang sekarang engga, tapi siapa yang tau beberapa tahun kemudian? Hehe intinya, jangan konsumsi berlebih dan tetep itu air putih, buah2an, sayur, olahraga.

      Delete
  2. Sekarang klo minyak nyobain yang minyak olive oil ternyata jauh lebih enak dari kelap sawit
    Qalaupun blom bisa lepas total dari keniqmatan gorengan hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olive itu lebih sehat kah mbak? Saya belum banyak baca-baca, jadi belum tau pasti
      Lagian, olive oil di saya itu tetep bikin muka berminyak (bener-bener keliatan di muka)

      Delete
  3. Senaaam... Ya Allah, kapan ya terakhir senam. kayaknya udah lama banget. aku suka senam sih, cuma belum nemu tempat yang sip aja. kalau mau senam sendirian itu kok ya. hmmmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh saya senam sendirian di kamar lho mbak, volume nya kecil gitu haha tengsin aja entah kenapa kalo ketauan senam haha

      Delete

Halo everyone, mohon untuk tidak meninggalkan link aktif di komentar ya :)